Jumat, 24 Juli 2015

Bedanya Bubur Bandung dengan Bubur Lainnya






Bila anda adalah penggemar makanan bubur, tentu sudah tidak asing lagi dengan bubur bandung yang ternyata juga sering kita jumpai di beberapa daerah di objek wisata pantai jawa barat atau di luar Bandung. Paling menyenangkan ketika makan bubur adalah saat baru disajikan dalam keadaan panas. Dengan ditaburi kuah dan juga beberapa bumbu serta lauk yang biasanya dipotong kecil-kecil, makanan bubur biasanya siap untuk disantap. Hampir setiap daerah juga memiliki model dan bentuk kuliner bubur yang sama.

Namun ternyata ada yang membedakan dari bubur yang dibuat di daerah lain dengan bubur Bandung yang bila kita berkunjung kesana, pasti tidak akan pernah melupakan rasanya. Pada intinya yang membedakan Bubur Bandung dengan bubur lainnya adalah soal cita rasa. Berikut beberapa perbedaannya:

  • Kuah bubur Bandung lebih kaya akan rempah dan juga khas kaldu ayamnya sangat terasa di lidah, inilah yang akhirnya membuat rasanya menjadi lebih kental dan gurih dari bubur lainnya,
  • Biasanya bubur Bandung lebih kaya akan taburan topping nya, mulai dari ayam yang disuwir, kacang goreng, irisan cakue, beberapa sayuran bahkan ada juga yang memberi irisan ampela ati sebagai lauk bubur ini,
  • Bumbu yang beraneka ragam, tidak hanya sekedar kecap biasa dan juga sambal, anda juga bisa mendapati bumbu merica serta kecap ikan pada bubur Bandung.

Selain itu di beberapa lokasi Kota Bandung, anda juga mendapati beberapa penjual yang menawarkan bubur ini dengan berbagai kreasi yang berbeda, seperti misalnya:

  1. Bubur Ayam H. Oyo yang terkenal dengan resep turun temurunnya,
  2. Bubur Ayam Pak Zaenal, terkenal memiliki kuah bubur yang sangat gurih dan juga toping yang beraneka ragam,
  3. Bubur Ayam Pelana, meskipun tempatnya kecil namun dari segi rasa dan kuantitas isi, anda pasti terkejut dengan aneka kreasinya mulai dari telur, ati ampela dan lainnya.

Masih banyak tempat lain yang bisa anda kunjungi untuk merasakan bagaimana sedapnya bubur Bandung ini. Bila anda kurang suka dengan tempat yang berada di pinggir jalan seperti kaki lima, ada juga beberapa gerai bubur Bandung yang berada di tempat perbelanjaan di kota ini bisa menjadi pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar